Wisata Pantai Sambolo

Pantai Sambolo dikenal sebagai salah satu kawasan wisata banten di Anyer yang memiliki hamparan pasir putih cukup luas. Hamparan putih bak permadani ini, memberikan kesan romantis bagi pengunjung yang liburan bersama teman atau dengan keluarga. Suara merdu debur ombak yang tenang berpadu dengan hembusan angin pantai, membuat pengunjung merasa nyaman di pantai ini.

Sunset di Pantai Sambolo terbilang spesial. Hal ini karena posisi pantai yang tepat menghadap ke barat. Ada bulan-bulan tertentu dimana matahari tenggelam tepat di hadapan pantai. Arsiran tipis awan mengiringi proses tenggelamnya matahari di sudut barat menciptakan pemandangan yang luar biasa untuk diabadikan. Sangat cocok bagi Kamu yang sedang berlibur dengan paket wisata banten untuk menikmati sunset di pantai ini.

Pantai ini juga kerap dikunjungi penyu untuk bertelur. -penyu laut mampir guna menyimpan telurnya di dalam pasir putih. Jadi, jangan heran kamu akan sering melihat banyak cangkang telur penyu di pinggir pantai.

Pantai Sambolo memiliki dua pantai yang berbeda lokasi, Sambolo Satu dan Sambolo Dua. Yang membedakan diantara kedua Sambolo ini ada lah fasilitasnya. Sambolo Satu hadir dengan jembatan dermaga yang cukup panjang menjorok ke laut. Sedangkan Sambolo Dua dikenal dengan keberadaan villa penginapan yang menyerupai pura di Bali. 

Lokasi Pantai Sambolo berada di kawasan Pantai Anyer, Banten. Tepatnya Terletak di Jalan Raya Karang Bolong, Cinangka. Tidak begitu jauh dari pintu keluar tol Cilegon Barat.

Pengunjung tidak akan kesulitan menemukan Pantai Sambolo. Acuannya adalah Hotel Patra Jasa. Lokasi pantai ditandai dengan papan nama besar bertuliskan Pantai Sambolo. Papan nama ini sekaligus menjadi gerbang masuk ke kawasan Pantai.

Rute mengunjungi pantai Sambolo sangat mudah dan lancar. Menemukan pantai pun tidak memerlukan usaha lebih. Untuk mengunjungi pantai ini, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Pantai wisata ini memiliki parkir yang luas untuk datang beramai-ramai.

 

Baca Juga : Pesona Pulau Peucang

 

Rute menuju ke pantai Sambolo dari Jakarta bisa melalui tol jalur Tanggerang Merak. Setelah keluar tol, ambil jalan menuju Cilegon Barat. Dari Cilegon Barat, lanjutkan perjalanan menuju arah Anyer. Saat tiba di kawasan industri di Cilegon, dari situ, pengunjung akan segera tiba di pantai Sambolo.

Untuk patokan termudahnya, pantai indah ini terletak bersebelahan dengan hotel besar hotel Patra Jasa. Pantai ini terbuka untuk dinikmati keindahannya 24 jam dalam sehari, 7 hari seminggu. Pantai ini tergolong tempat wisata banten murah. Biaya tiket yang dipungut untuk memasuki kawasan pantai ini tergolong murah. Tiket masuknya seharga Rp 10.000,-. Sedangkan biaya parkir Rp 2.000,- untuk motor dan Rp 15.000,- untuk mobil dan Rp 60.000,- untuk Bus.

Ada juga tiket paket untuk pengunjung rombongan dengan kendaraan besar. Rp 250.000 untuk ELF. Rp 500.000 untuk Bus Kecil. Rp 800.000 untuk Bus besar.
Sebagai sebuah objek wisata, fasilitas yang disediakan di Pantai Sambolo tergolong lengkap. Selain area parkir kendaraan yang luas, pengunjung juga bisa menemukan warung. Warung-warung ini menjajakan aneka makanan dan minuman sebagai teman bersantai.

Di samping itu, pengelola juga menyediakan saung atau gazebo untuk bersantai. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan dengan harga sewa mulai Rp 50.000 sampai Rp 80.000, tergantung ukuran yang dipilih.

Pengelola pantai ini juga menyediakan tempat bilas dan toilet dengan kondisi yang bersih. Sementara, jika pengunjung ingin melakukan relaksasi setelah lelah beraktivitas, terdapat banyak jasa pijat dengan tarif yang terjangkau.
Untuk memfasilitasi wisatawan yang datang dari luar daerah dan ingin menginap, di sekitar Pantai Sambolo juga telah disediakan sejumlah penginapan. Mulai dari kelas melati sampai kelas berbintang. Ini menjadi kan Pantai Sambolo sebagai tempat wisata di banten yang terbaik.